Selasa, 16 Januari 2018

Ingin Tinggal di Kontrakan yang Nyaman dan Aman? Ini Ciri-Ciri Kontrakannya

Ingin Tinggal di Kontrakan yang Nyaman dan Aman? Ini Ciri-Ciri Kontrakannya

Tinggal di kontrakan adalah solusi yang bijak kala tabungan yang dipunya belum mencukupi untuk membeli rumah sendiri. Kita tentu ingin tinggal di kontrakan yang aman dan nyaman. Ketika mencari kontrakan, umumnya harga menjadi pertimbangan utama.

Memang ada harga ada kualitas, namun kontrakan mahal pun tidak menjamin serratus persen dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi penghuninya. Yang murah juga tak selalu murahan. Jika ingin tinggal di kontrakan yang aman dan nyaman, carilah kontrakan dengan atau setidaknya memiliki sebagian besar ciri-ciri berikut ini:

Lingkungan bersih dan aman

Kualitas lingkungan tempat kita tinggal akan berkontribusi besar terhadap kondisi kesehatan kita. Lingkungan yang kumuh cenderung memiliki sanitasi yang buruk sehingga lebih berisiko mendatangkan penyakit bagi orang-orang yang tinggal di lingkungan tersebut.

Sebaiknya hindari memilih kontrakan yang lokasinya dekat tempat pembuangan sampah dan pabrik. Sumber air di daerah seperti itu biasanya sudah tercemar limbah yang membuat air menjadi kotor dan berbau.

Selain itu, penting juga untuk mensurvei secara langsung lingkungan sekitar rumah kontrakan yang akan Anda sewa, periksa apakah instalasi listriknya baik, lingkungannya bebas banjir dan bagaimana sistem keamanan di sana dijalankan.

Memiliki ventilasi yang memadai

Seringkali suatu kontrakan ditarif dengan harga murah tapi ventilasinya buruk. Karena banyaknya peminat kontrakan murah, tak jarang para pengusaha kontrakan menyekat-nyekat ruang untuk disewakan tanpa memikirkan apakah ruang itu memiliki sirkulasi udara yang baik atau tidak.

Terutama kontrakan-kontrakan murah di pinggiran kota dekat perkampungan. Padahal, ventilasi yang memadai diperlukan untuk mendukung pertukaran udara sehingga udara di dalam ruangan dapat diperbaharui setiap hari dan tidak pengap.

Ruangan yang ventilasinya buruk juga menjadi tempat bakteri, virus, dan jamur berkembang biak tak terkendali. Maka dari itu, kontrakan yang memiliki jendela dan sumber cahaya yang baik harus jadi bahan pertimbangan penting jika Anda ingin tinggal di kontrakan yang aman dan nyaman.

Dekat tempat kerja

Jika Anda merantau dan bekerja di kota besar, tentu akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya jika memilih kontrakan yang lokasinya dekat tempat kerja. Seperti ketahui, jalanan utama di kota-kota besar pada saat jam pergi dan pulang kerja cenderung macet setiap hari.

Dan ini adalah salah satu pemicu stres untuk orang-orang perkotaan. Anda tentu malas bukan sudah capek kerja masih harus macet-macetan hingga berjam-jam saat di jalan pulang?

Mudah mengakses fasilitas umum

Selain akses ke tempat kerja, akan semakin nyaman pula bila rumah kontrakan yang Anda sewa juga berlokasi tak jauh dari fasilitas-fasilitas umum. Seperti tempat ibadah, tempat belanja, halte bus, sekolah, dan rumah sakit.

Bisa sewa bulanan

Jika dihitung-hitung, sewa kontrakan secara tahunan memang akan lebih hemat. Namun, untuk Anda yang harus mengontrak rumah karena ada tugas tertentu, tentu lebih fleksibel untuk menyewa kontrakan secara bulanan.

Selain itu, belum tentu juga kita betah sehingga ingin segera mencari kontrakan baru. Dengan membayar sewa kontrakan secara bulanan, Anda bisa pindah ke kontrakan baru kapan saja tanpa harus mengalami kerugian finansial karena masa sewa yang masih tersisa.

Pemilik kontrakan yang responsif

Carilah pemilik kontrakan yang responsif yang tanggap terhadap keluhan dan peduli kenyamanan penyewanya. Bahkan, bila perlu, mintalah dibuatkan kontrak secara tertulis yang berisi ketentuan harga sewa, waktu sewa, dan pengembalian uang sewa jika ada masalah antara penyewa dan pemilik rumah.